Jumat, Juni 20, 2008

Jerman Hempaskan Mimpi Portugal

Bagi gibol yang bersifat netral, bukan pendukung Portugal atau Jerman tentu sepakat bahwa pertandingan dini hari tadi sangat menarik. Pertandingan berjalan dalam tempo cepat dan enak ditonton. Meski banyak yang lebih menjagokan Portugal untuk lolos ke semifinal memperhatikan hasil babak penyisihan dan daftar pemain bintang yang berada di Portugal. Tapi sejak kemarin sebenarnya saya cukup yakin Jerman yang menang. Tahu Kenapa?
Kalau kita menyimpulkan Jerman kurang berpeluang juara hanya didasarkan pada hasil babak penyisihan, menurut saya kurang afdol, karena justru sejarah sering menunjukkan bahwa gaya bermain Jerman memang seperti itu. Terlambat panas. Makanya Jerman sering disebut tim diesel. Dalam berbagai even-even besar, pada awal-awal kompetisi biasanya memang terkesan kurang greget. Tapi mereka termasuk salah satu negara paling banyak pengumpul piala kompetisi internasional.
Meski gol ketiga Jerman kontroversial karena Ballack terlihat jelas mendorong salah seorang pemain belakang Portugal, toh hasil pertandingan tidak bisa dirubah. secara keseluruhan jika hanya dilihat dari statistik Jerman memang tidak unggul banget dibandingkan Portugal, tapi dari gaya bermain menunjukkan Jerman sangat percaya diri menghadapi gempuran Portugal. Seakan-akan mereka berkata, "ayo gempuren aku" dan mereka bisa bertahan. Hanya setelah terjadi gol kedua Portugal oleh Helder Postiga Jerman lebih serius mengawal pemain-pemain Portugal.
Dengan hasil ini, kans Jerman lolos ke Final sangat besar karena setelah ini lawan yang dihadapi Jerman relatif lebih mudah, yaitu pemenang duel kuda hitam Turki dan Kroasia. Kayaknya Jerman akan ketemu Belanda di Final... Ah.. kita lihat aja nanti.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

wah..pupus dah jagoan saya, terpaksa jagoin Belanda :D

Anonim mengatakan...

Pertandingan ini memang seru tapi sayang hasilnya tidak sesuai dengan harapan saya.