Selasa, Januari 20, 2009

Ternyata Burung Bisa Jatuhkan Pesawat

Beberapa hari yang lalu kita telah dikejutkan dengan berita jatuhnya pesawat US Airways di Sungai Hudson, New York pada kamis sore tanggal 15 Januari. Pesawat tersebut baru beberapa menit lepas landas dari LaGuardia, New York yang rencananya menuju ke Charlotte, North Carolina. Diduga kuat penyebab pesawat yang jatuh itu adalah seekor burung dengan berat 2 kilogram. Wah tentu hebat dan sakti tuh burung bisa jatuhkan pesawat.

Tentu saja, jatuhnya pesawat tersebut bukan karena kesaktian sang burung, tetapi ini terjadi karena pesawat US Airways menabrak sekawanan burung dan salah satunya kesedot ke dalam mesin pesawat. Masuknya burung ini menjadi mesin pesawat bisa mati. Maka karena salah satu mesin pesawat mati, Pilot Chesley B "Sully" Sullenberger III dengan karir 40 tahun dan 19.000 jam terbang terpaksa mendaratkan darurat pesawat tersebut. dan hebatnya, meski mendarat darurat di atas sungai, Sully bisa menghindari tabarakan yang bisa mengakibatkan badan pesawat pecah.

Berdasar keterangan Bird Strike Committe, lebih dari 200 orang tewas di seluruh dunia sejak tahun 1998 akibat pesawat yang menabrak burung.

Tidak ada komentar: