Rabu, November 05, 2008

Pilkada Jatim : Pasangan Kaji Menang Tipis dari Pasangan Karsa

Jawa Timur telah melakukan Pilkada putara II Selasa, 4 Nopember kemarin. Jawa Timur melakukan Pilkada hanya beberapa jam sebelum Amerika melakukan Pemilu Presiden antara Obama vs Mc Cain. Seperti yang diduga sebelumnya, pertarungan kedua pasangan ini snagat alot. Hal ini bisa terlihat dari beberapa quick count yang dilakukan beberapa lembaga independen yang menyebutkan pasangan Khafifah Indar Parawansa dan Mudjiono (KAJI) hanya menang tipis dari pasangan Karwo dan Gus Ipul (KARSA). KAJI memperoleh 50,76% dan KARSA memperoleh 49,24% suara. Selisih yang sangat tipis (kurang dari 2 %) ini menunjukkan keduanya juga memiliki konstituen yang cukup signifikan meski ditengarai jumlah Golput juga cukup besar.


Selisih yang tipis ini dikawatirkan bisa memicu konflik di arus bawah. Memang ketika kedua pasangan ini diwawancarai TVOne agar tidak memicu konflik jika kalah kedua calon gubernur menyatakan siap mengaku kalah. Namun kondisi arus bawah di lapangan bisa beda. Hal ini bisa aterlihat ketika para pendukung KARSA bentrok dengan polisi siang hari kemarin. Kenapa Pilkada Indonesia hampir selalu diiringi dengan kericuhan? Kenapa tren negatif persepakbolaan kita yang sering bentrok pasca pertandingan merembet ke Pilkada? Jangan-jangan berbagai cerita heroik perjuangan kemerdekaan kita memang didasari oleh jiwa bangsa Indonesia yang suka tawuran. Entahlah. Hanya saja semoga hasil Pilkada Jatim tidak kisruh.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

wah... sudah kuduga kalo pasangan kaji yang akan menang...heheh

Anonim mengatakan...

Terima kasih untuk informasinya tuh saya baru tahu bahwa pasangan Kaji menang. Selamat ya bagi yang menang. Semoga dengan terpilihnya kedua orang ini Jawa Timur dapat lebih maju dan rakyatnya sejahtera